Maksud Abadi Tuhan

5 Nov 2010

Bagaimana kalau aku bilang kepadamu bahwa Tuhan punya misteri? Rahasia yang telah tersembunyi dari jaman ke jaman, sesuatu yang bahkan tidak dibukakan kepada Abraham, Musa, Elia, atau nabi-nabi lain di jaman Perjanjian Lama.

Bagaimana kalau aku bilang kepadamu kalau rahasia ini adalah keinginan yang paling besar dari hati Tuhan? His PASSION. Gairah Nya. Denyut nadi-Nya. Kerinduan-Nya.

steps-to-christ-heartcloud

Setiap makhluk ciptaan-Nya ada karena kelimpahan gairah ini. Seluruh isi alkitab menunjuk kepada satu misteri ini. Dan gereja boleh ada karena dan untuk misteri ini.

yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat. Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus, (Efesus 3:3-4)

sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. (Efesus 3:11)

eternal_purpose

Tuhan membukakan isi rahasia ini kepada Rasul Paulus. Maksud abadi dari Tuhan. Abadi berarti telah ada pada masa lalu, juga ada pada masa kini, dan akan tetap ada di masa depan.

Apa yang mungkin ada pada masa lalu, sekarang, dan masa depan? (Ini beberapa daftar darihal-hal yang dikejar oleh orang Kristen hari-hari ini)

  • Penginjilan? Bukan, tidak ada kebutuhan untuk menginjil sebelum ada penciptaan. Dan ketika Kristus datang yang kedua kalinya tidak akan ada kebutuhan untuk menginjil.
  • Pendalaman alkitab & Teologi? Bukan, tidak ada kebutuhan teologi sebelum penciptaan. Dan ketika Kristus datang yang kedua-kalinya, pengetahuan kita tentang Dia akan menjadi sempurna.
  • Mujizat & Kesembuhan? Bukan, tidak ada kebutuhan akan iman dan kesembuhan sebelum penciptaan. Dan ketika Kristus datang yang kedua kalinya, iman kita akan menjadi sempurna. Dan juga, tidak akan ada lagi sakit penyakit dan penderitaan kan?
  • ____(SILAHKAN ISI)____KKR? Pekerjaan sosial? Pengampunan? Perbuatan baik?

(Semua hal dalam daftar adalah baik, tapi tidak ada satupun itu maksud ABADI.)

Jadi, apa itu maksud abadi?

Satu-satunya cara untuk kita dapat mengerti misteri ini adalah kita harus kembali ke waktu sebelum penciptaan (sebelum segala sesuatunya ada). Apapun yang Tuhan lakukan pada saat itu pastinya adalah maksud abadi.

Apa yang Tuhan lakukan sebelum penciptaan? Apakah dia menganggur, bosan, dan kesepian?

Aku bersyukur Tuhanku adalah Tuhan Tritunggal. Kita wajib bersyukur karena kita tidak diciptakan karena kebosanan dan rasa kesepian Tuhan, tapi karena kelimpahan kasih-Nya.

Jawaban dari pertanyaanku adalah: Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus sangat menikmati satu sama lain sebagai komunitas yang Ilahi. Mengasihi, menghormati, memuliakan, dan tunduk SATU SAMA LAIN.

Dan akhirnya, misteri terpecahkan:

Tuhan sangat menikmati dan sangat bergairah tentang gaya hidup ini, sehingga Ia memutuskan untuk MEMBAGI dan MEMULTIPLIKASIKAN kehidupan Ilahi ini kepada kita. Karena itu lah Ia berkata: Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita (Kejadian 1:26) Dan sisanya adalah sejarah.

Maksud abadi Tuhan adalah untuk membangun tubuh-Nya komunitas sejati, dimana Komunitas Ilahi dapat mengekspresikan/memanifestasikan diri-Nya di tengah-tengah manusia.

Jika gereja dan tujuan hidup kita tidak sejalan dengan hal ini, itu berarti kita kehilangan arah. Tanpa maksud abadi, semua hal yang ada dalam daftar di atas tidak akan berarti apa-apa.

?

translated from:

Christian Leo’s blog - http://pastorkid.wordpress.com/2010/10/11/the-mystery-the-eternal-purpose/#comments

and From eternity to here by: Frank Viola


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post